SISTEM PENDINGINAN MESIN
Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun
sebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan
mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin
tidak dikurangi.
Sitem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin
didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin
mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar
diselimuti oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga
berfungsi sebagai peredam bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water
jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen
lain pendukungnya.
Komponen – Komponen Sistem Pendinginan dan Fungsinya
Water Jacket
Jika mesin dibelah maka akan terlihat ada ruang-ruangan
seperti saluran air yang menyelimuti ruang bakar dan komponen di sekitarnaya.
Saluran itu adalah tempat bersirkulasinya air pendingin di dalam mesin.
Thermostat
Thermostat seperti katup otomatis yang mengatur masuk
atau tidaknya air pendingin masuk ke radiator. Cara kerjanya jika air pendingin
yang berada di water jacket masih dingin maka thermostat tidak akan membuka
saluran ke radiator karena uap yang dari panasnya tidak mempu untuk membuka
katup thermostat maka air pendingin itu akan kembali untuk bersirkulasi di
dalam mesin melalui saluran by pass. Thermostat akan membuka kira-kira ketika
temperatur air pendingin antar 80 – 900C (176 – 1940F).
Radiator
Ketika Thermostat membuka karena temperatur air
pendinginnya telah panas maka air pendingin itu harus segera didinginkan.
Komponen nya adalah radiator. Bagian-bagian radiator adalah ada
reservoir(tangki cadangan), tutup radiator, radiator bagian atas,inti radiator,
dan radiator bagian bawah
Reservoir (tangki cadangan) berfungsi sebagai tangki
cadangan bila air pada radiator berlebihan.
Inti tadiator terdiri dari sirip-sirip tempat saluran air
pendingin yang nantinya akan dipercepat pendinginan nya oleh kipas radiator.
Jika air pendingin telah didinginkan oleh inti radiator
dibantu dengan kipas radiator maka ai pendingin itu akan masuk ke radiator
bagian bawah yang nantinya akan masuk ke mesin untuk bersirkulasi di dalam
mesin di water jacket.
Air pendingin masuk ke radiator ataupun keluar dari
radiator menuju mesin di hubungkan oleh selang radiator yang tahan panas.
Kipas Radiator dan Pompa Air
Berfungsi untuk mempecepat proses pendinginan air
pendingin yang telah panas. Kipas radiator ada yang digerakkan secara mekanik
oleh poros engkol dan ada pula yang digerakkan oleh motor listrik yang menempel
di kipas radiator itu.Sedangkan untuk mempercepat bersirkulasinya air pendingin
di dalam mesin maka pompa air lah yang mempercepat sirkulasinya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk
mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air
pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang
mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh
kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah
selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air
mempercepat proses pendinginan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar