Banyak yg masih belon tau perbedaan antara motor 2 tak
dg 4 tak, orang awam kebanyakan cuma tau perbedaan motor 2 tak dg 4 tak cuma
dari konsumsi bensin, suara knalpot, pemakaian oli samping dan ngebulnya asep
dari knalpot. Sebenernya kalo mo ditelusurin secara lebih detil mekanisme kerja
mesin banyak banget perbedaannya.
Berikut ini adalah perbedaan motor 2 tak dan 4 tak di
lihat dari cara kerja mesin (garis besarnya doang yak)
- Mesin 2 Tak (2 strokes)
Untuk mendapatkan ledakan tenaga hasil dari pembakaran
gas, cuma diperlukan 2x gerakan piston naek dan turun (1x proses) dg sekali
putar kruk as.
TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran
gas (piston bergerak ke atas, TMB menuju TMA)
TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan
cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)
- Mesin 4 Tak (4 strokes)
Untuk mendapatkan ledakan tenaga hasil dari pembakaran
gas, diperlukan 4x gerakan piston naek dan turun (2x proses) dg 2 kali putaran
kruk as dg disertai buka tutup klep sekali doang.
TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju
TMB)
TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak
dari TMB menuju TMA)
TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju
TMB)
TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak
dari TMB menuju TMA)
Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel
antara lain :
- Mesin bensin memakai bahan bakar bensin atau Premium keatas sedangkan mesin diesel memakai solar.
- Mesin bensin yang dihisap dan dikompresi adalah campuran bensin dengan udara. Sedangkan mesin diesel hanya udara saja.
- Perbandingan kompresi mesin bensin 7-12 sedangkan mesin diesel 15-23 lebih tinggi daripada mesin bensin.
- Tekanan pembakaran mesin bensin adalah 3 – 6 Mpa ( 30 – 60 bar ) sedangkan pada mesin diesel yaitu 4 – 12 Mpa ( 40 – 120 bar )
- Temperature pembakaran mesin bensin 300o-600oC sedangkan diesel mencapai 700o-900oC.
- Mesin bensin cara pembakaran bahan bakar Spark Plug Ignition Engine atau membakaran dengan bantuan busi. Sedangkan mesin diesel Ignition Compretion Engine atau pembakaran dengan temperature kompresi atau pembakaran sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar